Minggu, 06 Maret 2016

Sedan Retro Toyota Corolla DX KE70

Corolla DX adalah mobil sedan keluaran Toyota yang pertama kali diproduksi pada akhir era 70-an. Sejatinya, Corolla DX adalah keluarga dari sedan Toyota dengan seri E70. Mobil ini mulai dirancang pada tahun 1974 oleh Fumio Agetsuma dengan tujuan menciptakan sebuah mobil baru tanpa mengesampingkan nama besar yang sudah terlebih dahulu dimiliki oleh Corolla. Jadi dengan inovasi yang diinginkan, mobil ini diciptakan dengan harapan dapat diterima di berbagai belahan dunia, oleh semua golongan dan usia, serta tetap memiliki kenyamanan berkendara seperti Corolla sebelumnya.
Pada akhir tahun 1979, Toyota akhirnya resmi merilis seri pertama keluarga E70 ini di Jepang dengan bentuk kotak. Sangat berbeda dengan seri Corolla sebelumnya yang berbentuk agak membulat seperti kapsul. Mobil ini juga memiliki berbagai jenis varian sedan. Mulai dari sedan 2 dan 4 pintu, Hardtop, Coupe, Liftback, Station Wagon, dan Corolla Van.
Namun disini saya hanya akan mencoba menuliskan beberapa hal tentang Corolla E70 yang memang beredar untuk pasar di Indonesia. Di Indonesia, Corolla DX menggunakan seri mesin legendaris 4K 1300cc yang sudah terkenal irit, bandel serta sparepart melimpah. Untuk sisi teknis, Corolla DX KE70 ini adalah seri terakhir dari Corolla yang menggunakan penggerak roda belakang.
Corolla DX yang beredar di Indonesia hanya yang bertipe sedan 4 pintu, dan diproduksi pada periode tahun 1980 hingga 1983. Selama tahun tersebut, ada 4 versi yang beredar di pasaran.
  • Corolla DX 1980
    Corolla DX yang pertama beredar di Indonesia ini memiliki ciri 4 buah lampu bulat pada bagian depan, serta bemper stainless steel berwarna chrome.
  • Corolla DX 1981
    Bentuknya sama persis dengan versi sebelumnya, hanya saja lampu depan telah diganti dengan 2 buah lampu kotak persegi.
  • Corolla DX 1982
    Lampu depan agak memanjang, lampu sein lebih lebar serta lampu belakang model baru. Entah perasaan saya saja atau memang benar, tapi DX ini rasanya lebih panjang dibanding versi sebelumnya.
  • Corolla DX 1983
    Sama dengan seri 1982, hanya saja pada bemper diganti lebih memanjang. Selain itu pada dashboard sudah dipasangkan tachometer.
Secara teknis, tidak ada perbedaan dari keempat model Corolla DX yang ada di Indonesia. Hanya tampilan saja, dan mungkin keberadaan tachometer pada seri terakhir.

Referensi Modifikasi Toyota Corolla DX

Untuk modifikasi mobil sedan retro seperti Corolla DX ini sebenarnya kembali ke selera masing – masing pemilik. Ada yang menyukai konsep original Corolla DX, ada yang membuat tampilan rally (dahulu banyak pereli menggunakan mobil ini), ada yang membuat modern retro. Tapi sekedar referensi, ini beberapa tampilan Corolla DX yang dapat dicontoh yang saya ambil dari berbagai sumber.

1 komentar: