Minggu, 06 Maret 2016

Sejarah Motorcross | Motor trail


Sejarah Motorcross

Motorcross pertama kali muncul pada ujiciba kompetisi pada "Auto-Cycle Clubs" pada tahun 1906 dan "Scottish Six Days Trial" pada tahun 1909.  Awalnya Motorcross hanya memakai suspensi yang keras ditahun 1930 kemudian seiring usia di tahun 1950an mulai memakai  suspensi belakang yang berayun, dalam beberapa tahun pada sebagian besar crosser hanya memiliki Motor Produksi lokal tetapi setelah Perang Dunia II mulai didominasi oleh BSA yang telah menjadi perusahaan sepeda motor terbesar di dunia, mulai saat itulah pengendara BSA mulai mendominasi kompetisi internasional sepanjang tahun 1940an. Pada tahun 1952, FIM salah satu badan internasional sepeda motor, membuat Kejuaraan Motorcross di Eropa Kelas 500 cc.

Pada akhir 1960-an, perusahaan sepeda motor Jepang mulai menantang pabrik-pabrik Eropa untuk supremasi di dunia motorcross. Suzuki memenangkan kejuaraan dunia pertamanya untuk 250 cc dengan pengendaranya yang bernama Joel Robert. Acara Motocross yang dilaksanakan di dalam sebuah Stadion diadakan pertama kali pada tahun 1972 di Loss Angeles Collieum. 

Jenis mesin yang digunakan dalam motocross adalah mesin khusus atau biasa disebut SE (Special Engine). Disebut khusus karena memang mesin ini disetting sedemikian rupa untuk kompetisi motocross. Sebut aja setting akselarasi yang ganas untuk meloncati dan melalui gundukan tanah atau lumpur.

Selain setting khusus, mesin dalam motocross juga dibagi dalam beberapa cc, sesuai kompetisi yang diadakan. Mesin juga dibagi atas 2-tak dan 4-tak. Untuk mesin 4-tak, rata-rata memakai silinder tunggal, dilengkapi liquid cooled dan berkisar di 449cc. 
 
Bagi anda yang tertarik dengan Mini ATV Trail Bisa cek disini => www.danmogot.com  
 motor trail danmogot trail danmogot 

Jenis Motor Cross

1. YAMAHA YZ 450 FM
Mesin
    Tipe mesin: Silinder Tunggal 4- stroke , DOHC, 4 katup
    Displacement (cc): 449,7
    Bore x Stroke (mm): 97/60,8
    Rasio Kompresi: 12,5 : 1
    Sistem Bahan Bakar: FI
    Pengapian: Transistor Penuh
    System Starter : Kaki
    Sistem Pelumas: Kering
    Kapasitas Minyak: 1.2 Liter

Transmisi
    Jenis: Mesh Konstan, 5-speed
    Primer Drive : Aksesoris
    Clutch kopling basah, multiple disc
    Final Drive: Chain

2. KAWASAKI KX 450F
Mesin 
    liquid cooled, 4-stroke , silinder tunggal dengan DOHC, dan 4 katup
    Displacement (cc): 449
    Bore x stroke : 96,0 x 62,1 mm
    Rasio Kompresi: 12,5 : 1
    Sistem Bahan Bakar: 43mm Keihin Throttle
    Digital Pengapian: DC-CDI
    Transmisi: 5 Kecepatan
    Rake/Trail : 26,7 degree /4,6 in

3. HONDA CRF 450R
Mesin
    Tipe Mesin: 449cc Liquid cooled silinder tunggal, 4 stroke
    Bore dan stroke : 96mm dan 66,1 mm
    Rasio Kompresi: 12,0 : 1
    Valve Train : Unicam, 4 katup, intake 36mm, knalpot titanium 30mm, Baja
    Induksi: Programmed Fuel Injection (PGM-FI), 46mm Throttle body
    Pengapian: Kendali Transistor dengan elektronik
    Drive Train
    Transmisi: Close ratio , 5 kecepatan
    Final Drive : 520 chain, 13T48T

4. SUZUKI RM Z450
Spesifikasi

    Panjang keseluruhan: 2.190 mm (86,2 inci)
    Lebar keseluruhan: 830 mm (32,7 inci)
    Wheelbase : 1.495 mm (58,9 inci)
    Ground Clearance : 325 mm (12,8 inci)
    Tinggi loka duduk: 955 mm (37,6)
    Trotoar Berat: 112,5 Kg (248,0)
    Mesin: 4 stroke , Liquid cooler , DOHC 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar