Sejarah Motorcross
Motorcross
pertama kali muncul pada ujiciba kompetisi pada "Auto-Cycle Clubs" pada
tahun 1906 dan "Scottish Six Days Trial" pada tahun 1909. Â Awalnya
Motorcross hanya memakai suspensi yang keras ditahun 1930 kemudian
seiring usia di tahun 1950an mulai memakai  suspensi belakang yang
berayun, dalam beberapa tahun pada sebagian besar crosser hanya memiliki
Motor Produksi lokal tetapi setelah Perang Dunia II mulai didominasi
oleh BSA yang telah menjadi perusahaan sepeda motor terbesar di dunia,
mulai saat itulah pengendara BSA mulai mendominasi kompetisi
internasional sepanjang tahun 1940an. Pada tahun 1952, FIM salah satu
badan internasional sepeda motor, membuat Kejuaraan Motorcross di Eropa
Kelas 500 cc.
Pada akhir
1960-an, perusahaan sepeda motor Jepang mulai menantang pabrik-pabrik
Eropa untuk supremasi di dunia motorcross. Suzuki memenangkan kejuaraan
dunia pertamanya untuk 250 cc dengan pengendaranya yang bernama Joel
Robert. Acara Motocross yang dilaksanakan di dalam sebuah Stadion
diadakan pertama kali pada tahun 1972 di Loss Angeles Collieum.Â
Jenis
mesin yang digunakan dalam motocross adalah mesin khusus atau biasa
disebut SE (Special Engine). Disebut khusus karena memang mesin ini
disetting sedemikian rupa untuk kompetisi motocross. Sebut aja setting
akselarasi yang ganas untuk meloncati dan melalui gundukan tanah atau
lumpur.
Selain
setting khusus, mesin dalam motocross juga dibagi dalam beberapa cc,
sesuai kompetisi yang diadakan. Mesin juga dibagi atas 2-tak dan 4-tak.
Untuk mesin 4-tak, rata-rata memakai silinder tunggal, dilengkapi liquid
cooled dan berkisar di 449cc.Â
Â
Bagi anda yang tertarik dengan Mini ATV Trail Bisa cek disini => www.danmogot.com Â
  Â
Jenis Motor Cross
1. YAMAHA YZ 450 FM
Mesin
  Tipe mesin: Silinder Tunggal 4- stroke , DOHC, 4 katup
  Displacement (cc): 449,7
  Bore x Stroke (mm): 97/60,8
  Rasio Kompresi: 12,5 : 1
  Sistem Bahan Bakar: FI
  Pengapian: Transistor Penuh
  System Starter : Kaki
  Sistem Pelumas: Kering
  Kapasitas Minyak: 1.2 Liter
Transmisi
  Jenis: Mesh Konstan, 5-speed
  Primer Drive : Aksesoris
  Clutch kopling basah, multiple disc
  Final Drive: Chain
2. KAWASAKI KX 450F
MesinÂ
  liquid cooled, 4-stroke , silinder tunggal dengan DOHC, dan 4 katup
  Displacement (cc): 449
  Bore x stroke : 96,0 x 62,1 mm
  Rasio Kompresi: 12,5 : 1
  Sistem Bahan Bakar: 43mm Keihin Throttle
  Digital Pengapian: DC-CDI
  Transmisi: 5 Kecepatan
  Rake/Trail : 26,7 degree /4,6 in
3. HONDA CRF 450R
Mesin
  Tipe Mesin: 449cc Liquid cooled silinder tunggal, 4 stroke
  Bore dan stroke : 96mm dan 66,1 mm
  Rasio Kompresi: 12,0 : 1
  Valve Train : Unicam, 4 katup, intake 36mm, knalpot titanium 30mm, Baja
  Induksi: Programmed Fuel Injection (PGM-FI), 46mm Throttle body
  Pengapian: Kendali Transistor dengan elektronik
  Drive Train
  Transmisi: Close ratio , 5 kecepatan
  Final Drive : 520 chain, 13T48T
4. SUZUKI RM Z450
Spesifikasi
  Panjang keseluruhan: 2.190 mm (86,2 inci)
  Lebar keseluruhan: 830 mm (32,7 inci)
  Wheelbase : 1.495 mm (58,9 inci)
  Ground Clearance : 325 mm (12,8 inci)
  Tinggi loka duduk: 955 mm (37,6)
  Trotoar Berat: 112,5 Kg (248,0)
  Mesin: 4 stroke , Liquid cooler , DOHC
Baca Selengkapnya ..... http://danmogot.com/blog/artikel-35-sejarah-motorcross--motor-trail.html#.VtzUm6OU10s
Tidak ada komentar:
Posting Komentar